Upaya Program Kesehatan Gigi Dalam Mendukung Pembangunan Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Upaya Program Kesehatan Gigi Dalam Mendukung Pembangunan Kesehatan

Salah satu isu Strategi Pembangunan Kesehatan 2018 adalah peningkatan akses pelayanan kesehatan dan gizi yang berkualitas bagi ibu dan anak. Kesehatan yang maksud bukan hanya kesehatan umum saja, namun juga kesehatan gigi dan mulut. Ibu hamil dan anak merupakan kelompok resiko tinggi mengalami masalah kesehatan gigi.

Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018  menunjukkan prevalensi penduduk yang bermasalah gigi dan mulut di Indonesia yaitu sebesar 57,6%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan prevalensi penduduk yang bermasalah gigi dan mulut sebesar 31,7% dibandingkan dengan hasil Riskesdas tahun 2013 yang sebesar 25,9% (Kemenkes RI, 2018). Data di atas menunjukan masih tingginya masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, diperlukan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah serta pemangku kepentingan terkait dalam Upaya menurunkan angka kesakitan kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan Rencana Aksi Nasional (RAN) pelayanan kesehatan gigi dan mulut 2015-2020, fokus pada penguatan kebijakan, sumber daya dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam mencapai :
a. DMF-T anak kelompok umur 12 tahun mencapai 1,26
b. 50 % Puskesmas dengan standar Program Kesehatan Gigi dan Mulut yang baik
c. 50 % SD dengan UKGS tahap III
d. 25 % pelaksanaan UKGM di UKBM
             Dalam mencapai target tersebut diperlukan kerjasama antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan peran serta masyarakat. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan upaya promotif dan preventif pelayanan kesehatan gigi dan mulut:

  1.  Membentuk kader kesehatan gigi dan mulut di masyarakat.
  2. Melatih kader kesehatan gigi dan mulut dalam melakukan penyuluhan dan pemeriksaan sederhana.
  3. Memantau kesehatan ibu hamil dan balita setiap bulannya.
  4. Tenaga kesehatan melakukan tindakan preventif seperti Topikal Aplikasi, Fissure Sealant pada balita

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :