MAKANAN KARIOGENIK

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

APA ITU MAKANAN KARIOGENIK?


Makanan kariogenik adalah makanan manis yang dapat menyebabkan terjadinya karies gigi. Sifat makanan kariogenik adalah banyak mengandung karbohidrat, lengket dan mudah hancur di dalam mulut.
Kariogenitas suatu makanan tergantung dari:
· Bentuk fisik
· Jenis
· Frekuensi konsumsi
· Cara mengkonsumsi



MACAM-MACAM MAKANAN KARIOGENIK


Makanan yang bersifat kariogenik diantaranya:
·Jenis karbohidrat dalam bentuk tepung yang mudah hancur di dalam mulut juga harus dihindari, misalnya kue-kue, roti, es krim, susu, permen dan lain-lain.
Pada umumnya para ahli sependapat bahwa karbohidrat yang paling erat berhubungan dengan proses karies adalah sukrosa. Sukrosa banyak tergantung pada makanan manis dan camilan (snack) seperti roti, coklat, permen.


APA AKIBATNYA JIKA SERING MENGONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK?

 Terjadinya proses karies atau kerusakan pada struktur gigi.Mengonsumsi makanan kariogenik dengan frekuensi yang lebih sering akan meningkatkan kemungkinan terjadinya karies dibandingkan dengan mengonsumsi dalam jumlah banyak tetapi dengan frekuensi yang lebih jarang (Arisman, 2002).
Terlalu sering ngemil akan membuat saliva dalam rongga mulut tetap dalam suasana asam akibatnya gigi akan semakin rentan terhadap karies. Beberapa hasil penelitian menganjurkan supaya makanan dan minuman yang bersifat kariogenik jangan dikonsumsi sepanjang hari tetapi sebaiknya dikonsumsi pada tiga waktu makan utama, hal ini dapat mengurangi resiko karies. (Houwink, 1993).

MAKANAN YANG BAIK UNTUK GIGI :

· Apel
· Seledri
· Kiwi
· Pir
· Keju
· Biji wijen
· Sayuran berserat
· Buah-buahan
· Gandum
· Susu





Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :